Mengenal Lebih Jauh Profesi DevOps Engineer

DevOps Engineer adalah seorang generalis pada bidang Teknologi Informasi yang harus memiliki pengetahuan luas tentang operasi dan pengembangan termasuk coding, manajemen infrastruktur, sistem administrasi, dan DevOps toolchain. DevOps Engineer juga harus memiliki keterampilan interpersonal karena mereka bekerja melintasi silo dalam perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang lebih kolaboratif.

Selain memiliki pemahaman yang kuat tentang common system architecture, provisioning, dan administration, DevOps Engineer juga harus memiliki pengalaman dengan perangkat dan praktik pengembang tradisional seperti menggunakan source control, memberi dan menerima ulasan mengenai code, menulis tes unit, dan juga memiliki mindset yang Agile.

Lalu mengapa menerapkan kultur DevOps dalam perusahaan terutama startup itu sangat penting? Beberapa manfaat jika sebuah perusahaan atau startup menerapkan kultur DevOps diantaranya adalah mempercepat proses develop aplikasi, mengurangi resiko kegagalan dan kemudahan rollback, tim yang lebih produktif, iteratif, kolaboratif, kontinyu, sistematis, dan ter-otomatisasi serta human error yang lebih rendah.

Dengan manfaat seperti di atas, saat ini makin banyak perusahaan yang telah memakai praktek DevOps, dengan begitu DevOps Engineer akan menjadi tim dengan posisi yang sangat penting, karena DevOps Engineer ini akan bekerja sangat dekat dengan Tim Engineer untuk memastikan produk berjalan dengan baik.

Kemudian, apa saja manfaat menjadi DevOps Engineer untuk diri sendiri? Manfaatnya diantaranya adalah pendapatan yang besar, kesempatan bekerja di perusahaan besar dan ternama, peluang kerja sangat besar karena SDM yang ada masih langka dan juga jenjang karir DevOps yang menjanjikan. Menurut Edureka, DevOps Engineer adalah salah satu pekerjaan di dunia IT dengan bayaran tertinggi. Tak hanya itu, kebutuhan pasar akan profesi ini juga mengalami pertumbuhan yang pesat. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memulai belajar dan memulai karir di bidang DevOps ini.

Berdasarkan penjelasan diatas, apakah kamu ingin mencoba salah satu dari pekerjaan yang berhubungan dengan DevOps? Sudah semakin yakin untuk bekerja menjadi DevOps Engineer? Yuk mulai persiapkan diri untuk menjadi DevOps Engineer yang berkompeten!